Rabu, 25 April 2018

Tugas 4: Proposal

VIRTUAL TOUR PANORAMA 360 DERAJAT WALE ANTI NARKOBA

Proposal

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Dalam Mata Kuliah Tugas Akhir / Skripsi
Pada Program Studi S1 Teknik Informatik
Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi

Oleh

Grasiela Cindy E. Sumera
15021106019







UNIVERSITAS SAM RATULANGI
FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFORMATIKA
MANADO
2018

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyaknya fasilitas yang memudahkan perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak dalam kehidupan sehari-hari. Keuntungan menggunakan tenologi informasi yaitu dapat mempermudah, mempercepat, dan merapikan pekerjaan. Selain dari itu, teknologi informasi juga memungkinkan sebuah informasi dapat diakses dalam waktu nyata (realtime) tanpa dibatasi dengan ruang dan waktu.
Salah satu inovasi perkembangan teknologi adalah Virtual tour yang mulai banyak digunakan misalnya pada beberapa aplikasi untuk memperkenalkan suatu lokasi. Virtual tour dapat dijelaskan sebagai simulasi suatu lokasi yang terdiri dari beberapa gambar video. Dewasa ini virtual tour berkembang dari media foto dengan teknik stitching atau panorama yang memiliki pandangan yang tidak terputus, atau dikenal dengan virtual tour 360º.
Wale Anti Narkoba merupakan museum bertemakan informasi Narkoba pertama kali di Indonesia. Lokasi Wale Anti Narkoba bertempat di dalam Kompleks Pusat Kebudayaan Sulawesi Utara, Jl. Pinabetengan, Tompaso-Minahasa. Kata Wale sendiri berarti rumah dalam bahasa Tomohon, Sulawesi Utara. Efek dampak negatif penyalahgunaan narkotika bagi kesehatan tubuh manusia penggunanya tidaklah sedikit. Pengaruh buruk negatif narkoba terhadap kesehatan penggunanya juga tidaklah bisa dianggap sepele oleh kita semuanya. Untuk itu penting untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan penyalahgunaan narkotika ini oleh kita. Wale Anti Narkoba Indonesia adalah wahana edukasi mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Namun masih sedikit masyarakat yang mengetahui tentang Wale Anti Narkoba ini. Media informasi yang diberikan juga masih kurang. Wale Anti Narkoba ini belum memiliki website resmi, sehingga untuk informasi pendidikan mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba masih sangat kurang diketahui oleh masyarakat luas.
Dengan uraian diatas peneliti ingin membuat inovasi baru dengan penyampaian informasi tentang Wale Anti Narkoba ini melalui Virtual Tour dengan judul “Virtual Tour Panorama 360 Derajat Wale Anti Narkoba”.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dalam tugas akhir ini masalah yang dirumuskan adalah:
1.      Informasi mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang ada di Wale Anti Narkoba masih sangat kurang diketahui oleh masyarakat luas.
2.      Bagaimana jika user melihat visualisasi lebih real dan dapat menjelajahi area dari Wale Anti Narkoba?
3.      Bagaimana membuat sebuah aplikasi Virtual Tour yang dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang ada pada Wale Anti Narkoba?


1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan tugas akhir ini adalah untuk membuat pengembangan Virtual Tour pada platform HTML agar mempermudah pengguna dalam mendapatakan informasi pengetahuan tentang narkoba yang berada di Wale Anti Narkoba yang disajikan dalam bentuk Panorama 360 derajat.


1.4  Manfaat Penelitian
Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi pengetahuan yang berada di Wale Anti Narkoba serta mempermudah pengguna mendapatkan visualisasi yang lebih real terhadap Wale Anti Narkoba.
1.5  Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka batasan masalah yang ada di tugas akhir ini adalah:
1.      Penelitian ini di fokuskan pada platform berbasis HTML.
2.      Informasi disajikan dalam bentuk Panorama 360 derajat.
3.      Penelitian ini di rancang untuk memenuhi informasi mengenai pengetahuan tentang narkoba yang ada di Wale Anti Narkoba.

1.6  Sistematika Penulisan Tugas Akhir
Penulisan tugas akhir ini tersusun dalam 5 (lima) bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

I.         BAB I Pendahuluan
Dalam bab ini berisi latar belakang penelitian, rumusan masalah,  tujuan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah, dan sistematika penulisan tugas akhir.

II.      BAB II Dasar Teori
Dalam bab ini berisi berisi tentang kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penulis dalam menyusun tugas akhir ini.

III.   BAB III Metodologi Penelitian
Dalam bab ini diuraikan tentang lokasi penelitian, bahan dan alat penelitian, serta prosedur penelitian.

IV.   BAB IV Hasil dan Pembahasan
Dalam bab ini berisi uji coba dan pembahasan terhadap penelitian yang telah dilakukan.

V.      BAB V Penutup
Dalam bab ini berisikan kesimpulan dari keseluruhan penelitian dan saran untuk pengembangan lebih lanjut.

VI.   Daftar Pustaka
Berisi tentang referensi yang menjadi acuan dalam melakukan penelitian.



BAB II
DASAR TEORI


2.2.  Virtual Tour
Virtual tour dapat dijelaskan sebagai simulasi suatu lokasi yang terdiri dari beberapa gambar video. Dewasa ini virtual tour berkembang dari media foto dengan teknik stitching atau panorama yang memiliki pandangan yang tidak terputus, atau dikenal dengan virtual tour 360º.

2.3. Panorama



2.4. PTGui

2.5. Easypano Tourweafer

2.7. Metode Luther Sutopo

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1  Tempat dan Waktu Penelitian
3.1.1        Tempat Penelitian
Tempat penelitian berlokasi di Tompaso, Wale Anti Narkoba Sulawesi Utara
3.1.2        Waktu Penelitian
Waktu penelitian dimulai pada bulan Mei 2018 sampai dengan bulan November 2018.

3.2  Alat dan Bahan Penelitian
Dalam proses pembuatan aplikasi Virtual Tour Panorama 360 Derajat Wale Anti Narkoba ini terdiri dari perangkat keras, dan perangkat lunak.
3.2.1        Perangkat Keras
1)                  Laptop
Adapun spesifikasi perangkat ini adalah sebagai berikut:
-          Processor Intel i5
-          Hardisk 1TB
-          RAM 8GB
-          Kamera DLSR/ Panorama 360 Derajat
3.2.2        Perangkat Lunak
1)                              Sistem Operasi Microsoft Windows 10 64bit
2)                              PTGui
3)                              Easypano Tourweaver

3.3  Prosedur Penelitian
3.1.1           Identifikasi Masalah
a.     Observasi
Penulis mencari data dan informasi secara langsung dengan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar apa yang saat ini di butuhkan dan bermanfaat untuk digunakan.

b.     Studi Literatur
Penulis melakukan studi literatur yaitu membaca paper, jurnal, bahkan e-book yang berkaitan dengan masalah yang peneliti lakukan.

3.4  Metode Pengembangan Sistem Perangkat Lunak

Gambar 3.4. 1. Metode Luther Sutopo
Sumber : Sutopo, Ariesto Hadi (2003)
               
3.4.1. Concept
Tahap concept (konsep) adalah tahap untuk menentukan tujuan dan siapa pengguna program (identifikasi audience). Selain itu menentukan macam aplikasi (presentasi, interaktif, dll) dan tujuan aplikasi (hiburan, pelatihan, pembelajaran, dll).
3.4.2. Design
Design (perancangan) adalah tahap membuat spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan dan kebutuhan material/bahan untuk program.
3.4.3 Material Collecting
Material Collecting adalah tahap dimana pengumpulan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dilakukan. Tahap ini dapat dikerjakan paralel dengan tahap assembly. Pada beberap kasus, tahap Material Collecting dan tahap Assembly akan dikerjakan secara linear tidak paralel.
3.4.4. Assembly
Tahap assembly (pembuatan) adalah tahap dimana semua objek atau bahan multimedia dibuat. Pembuatan aplikasi didasarkan pada tahap design.
3.4.5. Testing
Tahap Testing (pengujian) dilakukan setelah selesai tahap pembuatan (assembly) dengan menjalankan aplikasi/program dan dilihat apakah ada kesalahan atau tidak. Tahap ini disebut juga sebagai tahap pengujian alpha (alpha test) dimana pengujian dilakukan oleh pembuat atau lingkungan pembuatnya sendiri.
3.4.6. Distribution
Pada tahap ini, aplikasi disimpan dalam suatu media penyimpanan. Pada tahap ini jika media penyimpanan tidak cukup untuk menampung aplikasinya, maka dilakukan kompresi terhadap aplikasi tersebut.

BAB IV
JADWAL PENELITIAN

No.
Rencana Kerja Penelitian
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
November
1.
Meninjau Objek/Observasi







2.
Mempertegas permasalahan, Batasan, tujuan dan manfaat pembuatan aplikasi







3.
Spesifikasi Pengguna







4.
Spesifikasi Sistem







5.
Analisa kebutuhan pengguna mengadaptasi pada hasil penelitian







6.
Analisa kebutuhan software dan hardware







7.
Merancang virtual environtment dan pengambilan gambar







8.
Penggabungan gambar dan membangun Virtual Tour







9.
Tes Fungsional Virtual Tour 360 derajat







10.
Implementasi hasil Virtual Tour 360 derajat








Tabel 4.1 Rencana Kerja Penelitian


DAFTAR PUSTAKA



[2]    Aznoora Osman, Nadia Abdul Wahab, Mohammad Hafiz Ismail, “Development and Evaluation of an Interactive 360o Virtual tour for Tourist Destinations”, Journal of Information Technology Impact, Vol 9, No. 3, pp. 173-182, 2009.

[3]   Fahri R Daud, 2016. Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia. Manado.

[4]      Paul Alexander. 2001. Pembentukan Citra Panorama 360   Dengan Image Mosaicing. Universitas Kristen Petra, Indonesia. Surabaya.

[5]   Situs Resmi : https://www.ptgui.com/ [Diakses pada Minggu,  4  Mei 2018].

[6]   Situs Resmi : www.easypano.com [Diakses pada Minggu, 4 Mei 2018].

[7]   Luther, A. C., 1994, Authoring Interactive Multimedia, Academic Press, Inc., Massachusettes.

[8]   Sutopo, A. H., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar